You are here
Home > Pendidikan >

Kamu Harus Tahu! Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

MediaGo – Sebentar lagi, bangsa Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 pada 17 Agustus besok. Untuk mengenang sejarah, berikut akan kami bahas beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia.

Pada zaman dulu, para pahlawan yang bekerja sama dengan rakyat, berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan kemerdekaan Nusantara. Ini karena Indonesia mempunyai keindahan dan kekayaan alamnya yang begitu luar biasa. Rempah-rempah dan hasil bumi dari Nusantara terkenal berkualitas. Ini yang mendorong beberapa bangsa asing datang dan menjajah Indonesia.

Deretan Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Kali ini MediaGo akan membahas tentang beberapa negara penjajah Indonesia yang berhasil masuk dan melakukan penjajahan di Indonesia, yuk asah pengetahuan tentang sejarah!

1. Portugis

Alfonso de Albuquerque.jpg
Portugis menjajah Indonesia dari tahun 1509M-1595M / indephedia.com

Portugis merupakan bangsa pertama yang berhasil mejajah Indonesia. Salah satu tokoh penting bangsa Portugis saat itu adalah Alfonso de Albuquerque.

Bangsa Portugis pertama kali masuk ke Indonesia yaitu ke daerah Maluku pada tahun 1509 M dan berhasil diusir tahun 1595 M. Raja Ternate, salah satu kerajaan di Maluku saat itu menyambut baik kedatangan Portugis sebagai mitra perdagangan.

Namun tak lama kemudian, Portugis melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah yang sangat merugikan penduduk sehingga diusir Seca paksa dari pulau Maluku.

2. Spanyol

bangsa spanyol
Tujuan kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia / cerdika.com

Bangsa Spanyol menjajah Indonesia dengan menguasai Sulawesi Utara dari tahun 1526 M sampai tahun 1692 M. Spanyol memanfaatkan perseteruan yang terjadi antara kerajaan Ternate dan kerajaan Tidore untuk dapat masuk ke Indonesia. Bangsa Spanyol bekerja sama dengan kerajaan Tidore untuk mengalahkan kerajaan Ternate yang bersekutu dengan Portugis.

Untuk menghindari kerugian akibat perang yang semakin besar, bangsa Portugis dan Spanyol membuat perjanjian Saragosa di tahun 1538 M yang berisi tentang pembagian wilayah kekuasaan. Portugis berkuasa atas seluruh benua dan laut di Asia sedangkan Spanyol mendapatkan wilayah Samudera Pasifik dan Filipina. 

3. Belanda

bangsa belanda
Awal mula kedatangan Belanda ke Indonesia / kompas.com

Negara yang pernah menjajah Indonesia selanjutnya adalah Belanda. Diketahui, Belanda adalah negara yang paling lama menjajah bangsa Indonesia, yaitu dari tahun 1602 sampai 1942 M.

Belanda terletak di benua Eropa, berbatasan langsung dengan dua negara yaitu Belgia dan German. Pada awalnya Spanyol dan Belanda menjalin kerjasama dalam perdagangan rempah-rempah. Namun karena terjadi peperangan diantara dua negara tersebut, kerjasama itu akhirnya berakhir sehingga Belanda kehilangan pemasok rempah-rempah. Hal inilah yang mendorong Belanda untuk melakukan ekspedisi.

Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1596 M dipimpin oleh Cournelis de Houtman. Tujuan awalnya adalah untuk berdagang dan membeli rempah-rempah. Belanda membentuk kongsi dagang yang berpusat di Batavia( Jakarta) dengan nama Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC).

VOC memonopoli pergadangan rempah-rempah di seluruh nusantara. Akibat manajemen yang salah, korupsi dan biaya perang yang tinggi VOC bangkrut dan akhirnya bubar. Untuk menutup biaya-biaya tersebut Belanda melakukan praktek tanam paksa atau cultuur stelsel. Petani dipaksa untuk menanam komoditi yang sangat laku di pasar interasional seperti kopi, lada dan teh untuk diserahkan kepada Belanda. Kejam banget ya!

4. Prancis

Negara yang pernah menjajah Indonesia
Prancis saat itu mengambil alih Indonesia setelah berhasil mengalahkan Belanda / monitor.co.id

Bangsa Prancis mulai masuk ke Indonesia bersamaan dengan runtuhnya VOC dan kekalahan Belanda dari Prancis. Karena kekalahan itulah, negara jajahan harus diserahkan kepada Prancis.

Tokoh yang saat itu menjadi kendali Prancis menguasai Indonesia adalah Jendral Daendels, orang Belanda yang bekerja untuk Prancis dibawah pimpinan Raja Napoleon.

Diketahui, Prancis hanya bisa menguasai wilayah Indonesia selama tiga tahun karena saat itu kalah perang dengan Inggris dan harus menyerahkan Indonesia kepada Inggris.

5. Inggris

bangsa inggris
Inggris menguasai Indonesia selama lima tahun di bawah kepemimpinan Thomas Stamford Raffles / buguruku.com

Seperti yang disebutkan diatas, Prancis harus rela menyerahkan wilayah indonesia kepada Inggris karena kalah dalam perang.

Penyerahan kekuasaan wilayah ini dimulai sejak penandatanganan Kapitulasi Tuntang yang isinya penyerahan pulau Jawa kepada Inggris.

Inggris menguasai Indonesia selama lima tahun di bawah kepemimpinan Thomas Stamford Raffles, yaitu dari 1811 M-1816 M.

Raffles membawa perubahan besar untuk Indonesia kala itu diantaranya seperti penghapusan perbudakan, penghapusan monopoli dagang dan pembagian pulau Jawa menjadi 16 karisidenan.

6. Jepang

jepang
Jepang negara terakhir yang menjajah Indonesia / Tirto.id

Negara terakhir yang pernah menjajah Indonesia adalah Jepang. Negeri sakura itu menjajah Indonesia selama tiga tahun, yaitu dari tahun 1942 sampai 1945 M.

Bangsa Jepang yang terletak di kawasan Asia timur, merupakan negara industri terbesar kedua setelah Amerika. Modernisasi besar-besaran di Jepang dimulai pada tahun 1868 yang dikenal dengan istilah restorasi Meiji. Akibat perang, Jepang kehilangan bahan mentah untuk industrinya dan mulai melakukan ekspansi ke wilayah Indonesia.

Awal kedatangannya, Jepang menyebut sebagai saudara tua yang siap membantu Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Namun Jepang memberlakukan kerja paksa pada penduduk Indonesia yang disebut dengan romusha.

Jepang membentuk organisasi militer untuk mengelabuhi bangsa Indonesia. Organiasi militer bentukan Jepang disebut sebagai persiapan kemerdekaan namun kenyataannya merupakan kekuatan tambahan bagi Jepang untuk melawan Amerika dan sekutunya. Setelah Jepang menyerah kepada sekutu, Indonesia memproklamasikan kemerdekaan RI.

Nah, itulah tadi negara-negara yang pernah menjajah Indonesia. Dari informasi diatas, kita bisa ketahui bahwa ternyata bangsa Indonesia tidak mudah ya dalam mendapatkan kemerdekaan ini. Kita sebagai bangsa yang sudah menikmati kemerdekaan tersebut harus banyak berterimakasih kepada para pahlawan yang dulu rela berjuang mati-matian untuk memerdekakan negara Indonesia.

Besok kan hari kemerdekaan yang ke 76, yuk kita tundukkan sejenak kepala kita untuk mengheningkan cipta dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam membela Indonesia!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top