You are here
Home > Kesehatan >

7 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah

Sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah

Mengonsumsi sayuran memang menjadi salah satu hal yang bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki banyak kandungan serat dan vitamin. Tak hanya sekadar satu, tetapi banyak sekali pilihan sayur yang bisa dikonsumsi sesuai dengan selera. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan, salah satunya mengetahui beberapa sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah. Apa saja ya?

Sayur-sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah

Memang tidak semuanya, tetapi ada beberapa sayuran yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi mentah. Beberapa di antaranya bahkan dilarang untuk dikonsumsi mentah karena bisa memberikan dampak tidak baik. Lalu, apa saja sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terong

sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah
Terong. (Gambar: http://medicalnewstoday.com)

Sayuran pertama yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kerja sementara adalah terong. Dikutip Beautynesia dari Wallst, terong memiliki kandungan solanin yakni senyawa tiroid rasa pahit. Bahkan lebih buruknya lagi, solanin ini bisa membatasi penyerapan kalsium. Terlalu banyak mengonsumsi solanin dapat menyebabkan mual, pusing dan masalah kesehatan lainnya.

Adapun cara untuk meminimalkan kandungan solanin dalam terong adalah dengan cara memasaknya. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk memasak terong terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Bayam

Selanjutnya adalah bayam yang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah. Alasannya, karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat membatasi penyerapan kalsium dan memfasilitasi pembentukan batu ginjal.

Memasak bayam dan membuang air rebusannya bisa menghilangkan sebagian besar asam tersebut. Di sisi lain, yang menjadikan bayam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah adalah kerentanan daunnya terhadap kontaminasi bakteri E. Coli dan bakteri jenis lainnya. Semua itu bisa dihancurkan dengan cara memasaknya.

3. Kentang

Bahan utama salah satu camilan favorit di restoran siap saji ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah. Tidak jauh berbeda dengan terong, kentang juga memiliki kandungan solanin.

Sebagaimana dikutip dari Wallst, mengkonsumsi terlalu banyak senyawa solanin dapat menyebabkan berbagai masalah gastrointestinal dan neurologis termasuk di antaranya mual, pusing, halusinasi, hipotermia, kelumpuhan, aritmia dan diare.

Memasak kentang dapat menurunkan kandungan senyawa solanin di dalamnya. Beberapa metode memasak yaitu menggoreng dan merebus dapat menurunkan kadar solanin lebih banyak. Bukan hanya hanya solanin, kentang juga memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga membuat cukup sulit untuk dicerna.

4. Buncis

Dikutip dari Wallst, ada lebih dari 130 jenis jenis kacang-kacangan hijau yang dianggap sebagai sayuran yang menyehatkan, kaya akan vitamin A, C dan K namun agak beracun saat dalam kondisi mentah.

Untuk menghilangkan kandungan racunnya tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasaknya. Selain itu, terdapat pula kandungan lektin yang disebut antinutrisi yang dapat membatasi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral yang bisa berakibat pada masalah pencernaan.

5. Kacang merah

Nah, sayuran yang berasal dari golongan kacang-kacangan ini juga sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan adanya racun bernama phytohaemagglutinin dalam kacang merah. Racun ini terkonsentrasi tinggi dalam kacang merah yang masih mentah.

Untuk itu perlu memasak kacang merah terlebih dahulu sebelum benar-bener dikonsumsi. Cara memasaknya juga harus diperhatikan, karena apabila hanya dipanaskan pada slow cooker yang tidak memadai, malah dapat meningkatkan toksisitas di dalamnya. Untuk itu masaklah hingga benar-benar matang agar kacang merah bisa dikonsumsi dengan aman.

6. Kubis dan kembang kol

Kubis dan kembang kol, mengandung zat yang dikenal sebagai estrogen. Zat yang dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menggunakan yodium. Secara khusus, pasien dengan penyakit tiroid harus menghindari makan kubis dan kembang kol yang  mentah.

7. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan kubis atau juga kembang kol. Zat ini akan mencegah tubuh menggunakan yodium secara maksimal. Dan, yang lebih penting, gula pada brokoli perlu dipanaskan dahulu sebelum masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa sayuran yang sebaiknya tidak kamu konsumsi mentah-mentah. Ada baiknya untuk lebih dulu mengolah atau memasaknya hingga matang, ya.  

Baca juga: Penyintas Covid Butuh 4 Sayuran Ini untuk Pulihkan Tubuh

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top