SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanBegini Cara Membedakan Batuk Biasa dan Batuk Covid-19

Begini Cara Membedakan Batuk Biasa dan Batuk Covid-19

MediaGo – Memang terlihat begitu sulit untuk membedakan batuk biasa dan batuk Covid-19. Pasalnya, batuk adalah gejala Covid-19 yang belakangan ini banyak terjadi akibat virus corona varian Delta. Namun, batuk juga bisa terjadi karena bakteri atau faktor musiman. Lalu bagaimana cara membedakan batuk biasa dan batuk Covid-19?

Simak cara membedakan batuk biasa dan batuk Covid-19. Ini penting agar pasien yang batuk atau mengalami gejala Covid-19 bisa mendapatkan penanganan secara tepat.

Seperti diketahui, salah satu penularan virus corona yakni melalui droplets yang terhambur di udara ketika pasien Covid-19 batuk atau bersin. Selain itu, batuk juga termasuk gejala umum infeksi virus corona.

Oleh karena itu, orang yang batuk di tempat umum cenderung diwaspadai oleh orang-orang di sekitarnya. Tetapi tidak semua batuk menandakan seseorang terindikasi sebagai penderita Covid-19.

Cara Membedakan Batuk Biasa dan Batuk Covid-19

Dilansir dari berbagai sumber, ada perbedaan yang bisa diamati antara batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19. Ini bisa digunakan sebagai cara untuk membedakan batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19.

Batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 dan flu/batuk biasanya sama-sama terjadi di waktu yang cukup sering, selama orang tersebut sedang sakit. Tingkatannya pun mulai dari batuk ringan hingga batuk sedang.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), batuk yang terjadi pada orang yang sedang flu sering kali terjadi secara tiba-tiba. Biasanya penderita akan sembuh dalam waktu relatif singkat atau sekitar kurang dari 2 minggu. Batuk yang dialami pada penderita flu juga akan disertai pilek dan bersin-bersin.

batuk biasa dan batuk covid

Sedangkan, penderita Covid-19 tidak mengalami itu. Jadi, jika seseorang menunjukkan batuk yang disertai dengan pilek dan sebelum batuk dimulai dengan fase bersin, dimungkinkan ia terkena flu biasa.

Sementara, untuk batuk gejala infeksi Covid-19 juga memiliki ciri tertentu. Berikut ciri-ciri batuk kering yang menjadi gejala Covid-19 sekaligus untuk membedakan dengan batuk biasa.

1. Batuk kering yang terjadi terus-menerus

Batuk yang menjadi gejala Covid-19 adalah batuk kering yang terjadi terus-menerus. Batuk kering terjadi setidaknya dalam waktu setengah hari. Batuk ini tidak terjadi sesekali hanya karena Anda berdehem atau ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan.

Batuk ini adalah sesuatu yang baru dirasakan oleh penderitanya. Artinya, bukan batuk seperti yang biasa dirasakan, misalnya karena seseorang terbiasa merokok kemudian sering batuk, dan sebagainya.

Mengingat Covid-19 mengiritasi jaringan paru-paru, maka batuk menjadi kering dan berkepanjangan. Gejala ini disertai dengan sesak napas dan nyeri otot.

Saat virus mulai berkembang, jaringan paru-paru dipenuhi dengan cairan dan pasien mungkin merasa lebih sesak napas saat tubuh berjuang untuk mendapatkan cukup oksigen.

2. Batuk kering tidak berdahak

Ciri lain batuk gejala Covid-19 adalah batuk kering tidak berdahak. Meskipun penderita batuk kering tidak bisa disebut 100 persen adalah penderita Covid-19, namun jenis batuk ini lebih berpotensi menjadi gejala Covid-19 daripada batuk basah yang menghasilkan dahak.

batuk biasa dan batuk covid

Sebanyak 67,7 persen pasien yang positif Covid-19 mengalami gejala batuk kering ini, sehingga tak jarang gejala tersebut disebut sebagai gejala kunci. Kendati begitu, Anda yang mengalami batuk kering seperti ini disarankan untuk melakukan isolasi secara mandiri sebagai langkah pencegahan menularkan virus ke orang lain.

3. Sesak napas

Satu hal lagi yang bisa membedakan batuk biasa dan batuk karena COVID-19 adalah adanya keluhan lain seperti sesak napas. Ketika kamu terkena flu dan batuk, biasanya tidak akan sampai menyebabkan sesak napas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar segera mencari bantuan medis bila batuk sampai menimbulkan sesak napas.

4. Ada gejala lain

Batuk adalah satu dari sekian banyak gejala pada pasien yang terinfeksi COVID-19.

Kalau kamu menemukan gejala lain seperti demam, hilangnya indera penciuman dan perasa, nyeri dan ngilu di seluruh badan, kelelahan, sakit kepala, sampai sakit tenggorokan, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat karena itu adalah gejala lain COVID-19.

Itulah cara membedakan batuk biasa dan batuk Covid-19. Tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular