SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanAmpuh dan Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri

Ampuh dan Mudah Dilakukan, Begini Cara Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri

MediaGo – Merasa insecure pada diri sendiri adalah hal yang normal dan pasti hampir semua orang pernah merasakannya. Tetapi merasa tidak aman dengan diri sendiri sepanjang waktu dapat berdampak buruk pada setiap aspek kehidupan, mulai dari kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional hingga kinerja dalam pekerjaan. Agar tak menghambat jalannya kehidupan, begini cara mengatasi insecure yang tepat.

8 Cara Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri

cara mengatasi insecure
Cara mengatasi insecure. (Gambar: http://pixabay.com)

Walaupun untuk membangun kepercayaan diri tidak bisa dilakukan dalam semalam, namun dengan adanya strategi dan pola pikir yang tepat, kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengubah cara hidup yang nyaman. Berikut ini 8 cara mengatasi insecure pada diri sendiri seperti dilansir dari laman Healthline:

1. Petimbangkan Peran Ego

Meski seringkali diabaikan, tetapi memang fakta membuktikan bahwa ego pada diri sendiri yang membuatmu mencari validasi dari luar. Ego memaksamu untuk membandingkan dirimu dengan siapa pun yang kamu temui. Jadi sebagai langkah awal dalam berbagai cara mengatasi insecure yang paling tepat yaitu bisa melepaskan ego dan menjadi orang lebih baik serta merasa aman dengan diri sendiri. 

2. Cintai Dulu Dirimu Sendiri 

cara mengatasi insecure
Mencintai diri sendiri. (Gambar: http://pixabay.com)

Jika selalu memperhatikan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan diri sendiri, itu sama saja artinya kamu tidak cukup menghargai diri sendiri. Menambahkan lebih banyak perawatan diri ke rutinitas harian dapat membantu melawan pikiran negatif dan membangun rasa kepercayaan diri. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat menunjukkan cinta pada diri sendiri: 

  • Melakukan perawatan tubuh seperti pijat atau facial.
  • Lakukan olahraga favorit setidaknya 30 menit setiap hari.
  • Lakukan detoks media sosial agar tidak selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 
  • Manjakan diri dengan makanan bergizi.
  • Latih belas kasih diri seperti berbicara dengan baik pada diri sendiri.
  • Bahkan hanya memastikan makan secara teratur dan memprioritaskan tidur dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. 

3. Hindari Pikiran Negatif

Sangat mudah untuk menjadi keras pada diri kita sendiri setelah tersandung atau membuat kesalahan. Tetapi menyalahkan diri sendiri karena beberapa hal dan terjadi secara terus menerus justru akan membuat kamu terjebak dalam lingkaran negatif seperti rasa malu dan membenci diri sendiri.

4. Menjauhlah dari Situasi yang Menyusahkan 

Pikirkan hal-hal apa saja yang membuat kamu merasa insecure sangat tidak aman dan nyaman pada diri sendiri. Memperhatikan orang-orang dan mulai membaca situasi yang memicu turunnya rasa percaya diri akan dapat membantu menentukan apa yang harus dihindari. 

5. Lakukan Hal-Hal yang Membuatmu Bahagia

Prioritaskan menghabiskan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang memberimu rasa kegembiraan dan kebahagiaan, apakah itu menghabiskan waktu untuk membaca buku atau memasak dan mencoba berbagai resep makanan. 

Lakukan Hal-Hal yang Membuatmu Bahagia

Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin kamu coba. Selain membuat bahagia, menguasai keterampilan baru adalah pengingat yang baik tentang bakat dan minat diri sendiri. 

6. Hargai Setiap Proses Kehidupan

Cara mengatasi insecure pada diri sendiri memang tidak bisa terjadi hanya dalam semalam. Namun cobalah untuk bersikap baik pada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika segala sesuatunya tidak membaik secepat yang kamu inginkan.

Bahkan jika tidak merasa percaya diri hari ini, langkah kecil yang dapat kamu ambil sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi langkah yang lebih besar dan membuat peningkatan di masa yang akan datang.

7. Berbicara dan Konsultasi dengan Terapis

Berbicara dengan terapis yang berkualifikasi dapat membantu menjelajahi ketakutan dan rasa tidak aman yang dialami dirimu dengan memahami dari mana asalnya. Mereka juga dapat membantu mengembangkan alat baru untuk menavigasi situasi yang merusak kepercayaan diri. 

8. Ubah Pola Pikirmu

cara mengatasi insecure
Pola pikir yang baik. (Gambar: http://pixabay.com)

Daripada membuat dirimu merasa gagal, pikirkan rasa insecure sebagai cara untuk memperbaiki diri sendiri dengan mengubah perspektifmu dan membuat dirimu sadar akan kekuranganmu. Akui rasa tidak aman dan temukan akarnya untuk mengetahui apa yang membuatmu merasa seperti ini.

Beberapa hal di atas dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi rasa insecure yang berlebihan.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular