SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanEfek Samping Vaksin Covid Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Efek Samping Vaksin Covid Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

MediaGo – Ada banyak efek samping vaksin Covid-19 yang sifatnya ringan dan reaktogenik. Sebagian besar efek ini cenderung bisa sembuh dengan sendirinya. Salah satu efek yang paling sering terjadi adalah nyeri lengan pasca vaksinasi.

Melansir dari Medicinenet, pasca-vaksinasi, tempat suntikan sering kali menjadi sakit, nyeri atau kadang-kadang bahkan membengkak karena peradangan. Ini juga merupakan salah satu laporan efek samping vaksin yang paling umum di seluruh dunia.

Efek samping dengan vaksin dapat muncul dalam beberapa cara, sebagian besar dalam bentuk reaksi sistematis dan inflamasi. Pada kebanyakan orang yang divaksinasi, nyeri di lengan tempat Anda ditusuk atau mengalami nyeri, kaku, kesulitan menggerakkan lengan bisa menjadi reaksi umum.

efek samping vaksin

Rasa sakit dan nyeri di tempat suntikan sebenarnya adalah salah satu efek samping pertama yang muncul ketika Anda mendapatkan suntikan vaksin. Ini juga merupakan bagian dari respons lokal ketika Anda divaksinasi, yaitu efek yang muncul di tempat yang tepat di mana jab diberikan.

Reaksi yang menyebabkan nyeri lengan adalah contoh bagaimana tubuh pertama kali merasakan vaksin. Ketika Anda mendapatkan suntikan, tubuh menganggapnya sebagai cedera, seperti pendarahan atau luka dan mengirimkan sel kekebalan ke lengan dan melemaskan pembuluh darah.

Sebagai bagian dari proses vaksinasi, sel-sel kekebalan juga menyebabkan peradangan yang nantinya membantu Anda melindungi dari patogen yang sama. Kondisi ini yang disebut para ahli sebagai ‘reaktogenisitas’ vaksin. Beberapa iritasi lengan juga berasal dari otot yang bereaksi terhadap sejumlah kecil cairan vaksin yang disuntikkan ke lengan.

Sebagian besar efek samping vaksinasi cenderung berlangsung selama 2-3 hari dan hal yang sama terjadi pada nyeri lengan setelah vaksinasi. Namun, jika Anda mungkin mengalami lebih banyak peradangan atau cenderung lebih sensitif terhadap rasa sakit, rasa sakit dapat meregang hingga 5 hari setelah vaksinasi.

Kelembutan dan rasa sakit secara langsung terkait dengan seberapa meradangnya lengan Anda. Sederhananya, semakin banyak peradangan yang Anda alami, semakin bengkak dan nyeri pada lengan Anda.

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Berikut beberapa cara mengatasi efek samping suntik Covid-19 seperti dilansir dari situs Covid19.go.id:

  • Kompres dengan air dingin di area suntikan jika terasa nyeri atau bengkak atau kemerahan
  • Jika demam, bisa dengan kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, dan istirahat, serta minum obat penurun demam bila perlu.
  • Jika terjadi efek samping suntik Covid-19 atau KIPI yang lebih berat dari biasanya, catat reaksi / keluhan yang dialami dan laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi.
  • Selain itu, laporkan KIPI atau efek samping Covid-19 ke https://keamananvaksin.kemkes.go.id

Cara Meredakan Efek Samping Vaksin Covid-19

Untuk kembali ke rutinitasmu setelah vaksinasi, kamu perlu menambahkan makanan penting dan bergizi membantu melawan kelelahan atau sakit akibat vaksin.

Melansir dari Times of India, berikut 5 makanan terbaik yang ampuh meredakan efek samping vaksin Covid-19, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit memiliki kelebihan sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi, analgesik dan anti-jamur. Kunyit secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kurkuminoid (kebanyakan kurkumin) dan minyak esensial (terutama monoterpen) adalah konstituen bioaktif utama kunyit dan bertindak sebagai agen terapeutik untuk kesehatan tubuh.

2. Jahe

Jahe dikemas dengan asam amino dan enzim vital, jahe secara mengesankan mengurangi peradangan sambil menenangkan pikiran Anda dan menghilangkan stres. Anda bahkan dapat menggabungkan jahe dengan teh Anda agar lebih relax.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau terdiri dari serat makanan, vitamin C, provitamin A karotenoid, folat, mangan dan yang paling penting antagonis vitamin K.

Nutrisi masalah kesehatan ini akan membantu Anda untuk menjaga metabolisme dan membuat Anda merasa kurang lelah.

4. Makanan kaya air

Pilihlah pilihan makanan yang kaya akan kandungan airnya untuk memenuhi kebutuhan hidrasi Anda. Jika Anda akan terhidrasi secara menyeluruh setelah vaksinasi, maka bisa membantu Anda untuk menjaga suhu tubuh dan juga kondisi mental.

Mendapatkan banyak nutrisi melalui makanan berair akan membuat Anda tetap segar dan tenang. Coba sertakan jeruk, melon, mentimun, dan buah persik dalam pola makan Anda pasca vaksinasi Anda.

5. Biji-bijian

Biji-bijian bisa menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan Anda sepanjang waktu. Pencernaan yang lebih baik dan usus secara otomatis akan menghasilkan kesehatan yang lebih baik.

Untuk meningkatkan energi, Anda perlu memasukkan biji-bijian ke dalam pola makan Anda. Kandungan serat yang kaya dari makanan ini akan memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik di usus Anda dan konversi energi.

Itulah cara meredakan efek samping vaksin Covid-19. Ingat, pandemi Covid-19 belum berakhir. Jangan takut untuk vaksin Covid-19. Segera datangi layanan kesehatan jika sudah mendapat jadwal suntik vaksin Covid-19.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular