SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Cara Sederhana Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

5 Cara Sederhana Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

MediaGo – Kurangnya asupan cairan dan juga pola makan yang tidak teratur, cenderung menimbulkan permasalahan pada kulit di bulan Ramadan, seperti bibir kering, bibir pecah-pecah hingga jerawat. Hal itu disampaikan oleh dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV untuk mencegah kulit kering saat berpuasa.

Namun, berpuasa bukan menjadi alasan kulit menjadi kering. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit kering saat puasa. Berikut lima tips mudah namun jitu untuk menjaga kesehatan kulit selama Ramadan.

1. Banyak Minum Air Putih

Selama puasa, utamakan asupan cairan, terutama air putih, agar menjaga kelembaban kulit. Manusia membutuhkan minimal 1,5-2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. dr. Kardiana menyarankan minum 2 gelas saat bangun sahur dan sebelum imsak, lalu 6 gelas berikutnya diminum saat berbuka hingga sebelum tidur.

Baca juga: Ini Tips Jogging Tetap Aman Saat Puasa

“Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,” ungkap dr. Kardiana.

2. Pilih Tekstur Pelembab Sesuai Kondisi Kulit

dr. Kardiana menyarankan, untuk kulit berminyak, pilih pelembab bertekstur ringan atau water based. Dan untuk kulit kering, pilih pelembab yang teksturnya lebih pekat atau creamy. Jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic.

3. Perhatikan Durasi Mandi dan Suhu Air

Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena bisa menghilangkan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

Baca juga: Tips Berpuasa Aman Bagi Penderita GERD Ala Klinik SehatQ

4. Kurangi Pemakaian Produk yang Memicu Kulit Kering

Meskipun rangkaian perawatan kecantikan kulit tetap harus dijalankan secara rutin selama Ramadan, hindari sementara produk eksfoliasi yang dapat mengikis sel-sel kulit, karena selama bulan puasa kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

“Cek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid seperti AHA, BHA, retinol dan sebagainya karena dapat menimbulkan iritasi,” kata dr. Kardiana.

Baca juga: 5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Dan Menu Wajib Buka Puasa

5. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kulit

dr. Kardiana mengatakan, kurma sangat baik dikonsumsi secara wajar karena dapat melembutkan kulit. Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit.

Nah itulah lima cara mencegah kulit kering saat berpuasa yang disampaikan oleh dr. Kardiana Dewi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat dan minumlah air putih sesuai saran dokter agar tubuh tetap terpenuhi cairan tubuh.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular