You are here
Home > Kesehatan >

Tips Berpuasa Aman bagi Penderita GERD ala Klinik SehatQ

Klinik SehatQ

MediaGO – Menyambut bulan suci Ramadan, Klinik SehatQ mengadakan webinar membahas persiapan berpuasa tanpa perlu khawatir pada kondisi GERD dan asam lambung pada Rabu (30/3/2022). Webinar sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dalam berpuasa ini dipandu oleh Head of Marketing Klinik SehatQ, Yuhelmis Sienifa. Sedangkan Dokter Yunike Tambunan sebagai narasumbernya.

Menurut dr Yunike, pertama kita harus dapat membedakan apa itu GERD dan maag biasa.
Menurutnya, setiap permasalahan yang terjadi pada lambung tidak selalu disebabkan oleh maag.
“GERD merupakan penyakit asam lambung yang disebabkan oleh melemahnya katup yang terletak di bagian bawah” ujar dr Yunike.

Penderita GERD biasanya mengalami sensasi terbakar di area dada, nyeri dada, kesulitan menelan, bahkan bisa juga batuk kering berkepanjangan. “Beberapa pemicu kambuhnya GERD, yaitu makan makanan dalam jumlah yang banyak, obesitas, terlalu banyak makan pedas, asam, berlemak dan digoreng,” terangnya.

Baca juga: Bentar Lagi Puasa, Yuk Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Adapun tips yang ia berikan bagi para penderita GERD yang akan berpuasa, di antaranya adalah meminum segelas air putih hangat dan cemilan ringan ketika sahur dan jangan terburu-buru ketika makan.

Kemudian, ketika berbuka, berbukalah dengan minuman yang hangat, pilihlah takjil yang mudah dicerna seperti kurma, makanlah setelah melakukan shalat dengan porsi dan komposisi yang menyerupai makanan sahur.

Dengan mengatur pola makan ketika berpuasa, maka keadaan lambung akan lebih stabil dan GERD tidak mudah kambuh.

Sementara itu, Head of Marketing Klinik SehatQ, Yuhelmis Sienifa menambahkan, para penderita GERD yang sedang berpuasa sebaiknya ketika berbuka diawali dengan teh manis hangat dan jangan langsung makan gorengan. “Dengan begitu, terdapat tahapan – tahapan yang harus dilakukan oleh penderita GERD untuk dapat berpuasa dengan lancar tanpa terganggu,” imbuhnya.

Baca juga: 5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama Di Dunia

Sedangkan untuk keadaan psikosomatik, dokter menyarankan para penderita GERD untuk melakukan konsultasi karena kondisi stres dapat meningkatkan produksi asam lambung yang tinggi.
“Jika gejala yang dirasakan bertambah sering terjadi dan atau bertambah parah seperti sakit dada dan atau sesak napas, maka sebaiknya penderita segera melakukan konsultasi dengan dokter,” Yuhelmis.

Sebagai tambahan, tahun ini Klinik SehatQ juga sudah hadir di Dumai dan akan hadir di Karawang pada Juni 2022. (FA)

GP

Leave a Reply

Top