SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanCukup Butuh 5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Untuk Newborn

Cukup Butuh 5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Untuk Newborn

Menunggu kelahiran bayi sangatlah membahagiakan, sebahagia ketika melihat perlengkapan bayi baru lahir yang sangat menggemaskan. Rasanya ingin semua dibeli ya! Apalagi kalau mampir ke toko baby shop yang bikin betah orang tua yang akan dan sedang memiliki balita.

Tapi tunggu, jangan membeli perlengkapan bayi baru lahir terlalu banyak atau hanya karena lapar mata. Karena ternyata ada banyak perlengkapan bayi newborn yang tidak digunakan lagi atau hanya dipakai sebentar saja. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Huruf R Islami Modern Untuk Si Buah Hati Beserta Artinya

Agar tidak impulsive buying sebagai orang tua, berikut Mediago berikan masukan hanya untuk membeli 5 item perlengkapan bayi baru lahir ini. Cek di sini selengkapnya!.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Wajib Punya

1. Pakaian Bayi

baju bayi Perlengkapan Bayi Baru Lahir Wajib Punya
Perlengkapan bayi

Belilah baju-baju bayi yang lembut dan nyaman seperti onesie, baju tidur, celana, kaos kaki, topi bayi, handuk dan selimut bayi. Usahakan membeli ukuran di atas bulannya, agar bisa digunakan dalam waktu lama seperti membeli ukuran 3-6 bulan.

Baca Juga: 3 Cara Membaca Hasil USG Bayi yang Benar, Wajib Tahu!

2. Popok

Gunakan popok sekali pakai atau popok kain sesuai preferensi dan kebutuhan orang tua. Pastikan popok tidak menimbulkan ruam dan rajinlah untuk menggantinya bila basah. 

3. Perawatan Bayi dan Mandi

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Wajib Punya (2)

Sabun dan shampo bayi wajib dibeli. Lalu sediakan lotion bayi, minyak telon dan krim ruam agar kulit bayi tetap halus. Untuk sekarang perawatan pusar bayi lebih mudah tidak perlu dibersihkan lagi seperti dulu, namun orang tua wajib menjaga kebersihannya. Untuk mandi juga jangan lupa membeli bak mandi kecil atau bisa gunakan bak kecil di rumah. 

4. Bantal Bayi dan Perlak

Walau dipakai bayi tidak lama, bantal bayi diperlukan untuk menjaga kepala bayi menjadi bagus bentuknya. Beli bantal peyang yang membuat bayi tidur dengan nyaman. Perlak akan membantu saat bayi memakai popok kain dan mandi bayi newborn. 

5. Gendongan Bayi

gendongan bayi

Buat bayi newborn, menggendong itu akan menjadi kegiatan yang akan sering dilakukan bersama orang tua. Karena itu agar nyaman saat menggendong, gunakan gendongan bayi yang bisa digunakan mulai dari newborn, seperti kain jarik, gendongan sling atau gendongan strechy wrap sebagai pilihan. Bahkan sekarang banyak bermunculan baby carrier yang bisa digunakan sejak bayi newborn. Jangan lupa pelajari cara menggendongnya dengan tepat ya!. 

Baca Juga: 5 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Belilah perlengkapan bayi baru lahir sesuai kebutuhan saja, selain menghemat juga akan membuat lebih awet  karena lebih lama digunakan. Walau cuma 5 item perlengkapan saja, list di atas ini hanya berlaku bagi Ibu yang menyusui langsung bayinya dan tidak menggunakan botol susu dalam pemberian ASI. 

Untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pemberian ASI, setiap minggu pertama di bulan Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Karena memang ASI sangat dianjurkan bagi bayi baru lahir.

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

Tapi jika Anda ingin menggunakan berbagai perlengkapan bayi newborn yang sangat beragam juga tidak apa-apa. Karena semua dikembalikan lagi pada keluarga masing-masing. Selamat berburu perlengkapan bayi baru lahir!.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular