SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidak Sarapan !

5 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Tidak Sarapan !

MediaGo – Kebanyakan orang seringkali bangun kesiangan sehingga melewatkan yang namanya sarapan di pagi hari. Atau bahkan dari mereka merasa bahwa di pagi hari tidak lapar dan mempunyai kebiasaan untuk makan di jam makan siang. Padahal kebiasaan itu tidak baik.

Dengan sarapan di pagi hari ternyata sangat bermanfaat karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat lain yang mungkin belum kamu ketahui dari sarapan ini adalah mampu membakar lebih banyak kalori setiap hari.

Dampak Negatif Tidak Sarapan

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat jika membiasakan sarapan di pagi hari. Sebaliknya, jika kamu melewatkan sarapan maka dapat membawa beberapa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari berbagai sumber inilah lima hal yang akan kamu alami jika melewatkan sarapan di pagi hari.

1. Berat Badan Naik

Sarapan
Ilustrasi berat badan bertambah Line Today

Sebagian orang percaya bahwa salah satu cara menurunkan berat badan yakni dengan tidak melakukan sarapan di pagi hari. Akan tetapi, Percaya atau tidak, ternyata melewatkan sarapan dapat membuat berat badan kamu malah jadi bertambah, lho.

Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa membiarkan perut lapar di pagi hari dapat berhubungan dengan penyakit obesitas. Tak hanya pada usia muda saja, orang dewasa pun bisa menjadi sasaran.

Hal ini bisa terjadi karena melewatkan sarapan di pagi hari membuat orang akan makan berlebihan di waktu jam makan siang. Meskipun tidak makan banyak sepanjang hari, berat badan kalian akan tetap bertambah karena bagian dalam tubuh menjadi terganggu.

2. Mudah Lelah

Sarapan
Cara mengatasi rasa lelah dari Alodokter

Tidak sarapan pagi ternyata bisa memperlambat kerja metabolisme tubuh kamu, lho. Dan Ini menyebabkan kalian akan terasa mudah lelah.

Namun ketika kamu mempunyai pola makan yang teratur, maka sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan normal bahkan bisa meningkat sebab kamu memiliki energi yang cukup untuk dibakar. Hasilnya, kamu pun akan merasa lebih berenergi dan daya konsentrasi bisa meningkat.

3. Mempengaruhi Suasana Hati

Tidak sarapan
Cara menghilangkan badan mood by Orami

Melewatkan sarapan di pagi hari ternyata dapat berhubungan langsung dengan gangguan suasana hati pada orang dewasa.

Hal ini karena orang yang jarang sarapan cenderung lebih sering merasakan depresi. Selain itu, jika Kamu melewatkan sarapan juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 sebesar 55%.

Itu berkaitan dengan kadar gula yang rendah. Ketika kadar gula darah dalam tubuhmu rendah, suasana hati akan cepat berubah, sehingga kamu akan mudah tersinggung dan selalu murung.

4. Terjadi Penyimpanan Lemak di Tubuh

Sarapan
Gambar lemak pada tubuh dari SehatQ

Sarapan berfungsi untuk menghidupkan kembali sistem metabolisme tubuh kamu setelah beristirahat semalaman.

Jika kamu melewatkan hal penting ini, maka tubuhmu akan beranggapan bahwa kamu sedang kelaparan. Hal ini yang dapat menyebabkan tubuh mulai menyimpan lemak dari makanan yang dikonsumsi tadi malam.

5. Merasa Pusing dan Sakit Kepala

Melewatkan sarapan
Ilustrasi pusing dari Klikdokter

Jika kamu sering melewatkan sarapan pagi maka dapat memicu timbulnya sakit kepala atau migrain. Banyak ahli mengatakan bahwa menunda sarapan atau tidak sama sekali dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Hal itu terjadi karena kadar gula darah akan turun terlalu rendah. Sehingga sakit kepala yang disebabkan akibat tidak sarapan pagi sering berada pada tingkat yang parah. Biasanya disertai dengan mual ringan, berkeringat, sering menguap hingga tubuh menjadi pucat.

Itulah lima hal yang akan terjadi jika kamu selalu melewatkan sarapan di pagi hari. Mulailah membiasakan diri kalian agar tidak malas sarapan supaya tubuh selalu sehat dan berenergi untuk menjalani rutinitas setiap harinya. Semoga bermanfaat.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular