SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner4 Tips Penting Agar Berhenti Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur

4 Tips Penting Agar Berhenti Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur

Makan berlebihan saat buka dan sahur adalah sebuah kegiatan yang harus dihindari, karena nyatanya, hal ini tidak baik untuk kesehatan. Kegiatan puasa, memang akan membuat seseorang menahan lapar, sekitar 12 jam lamanya, nah biasanya, saat datang watu bisa makan, seperti saat buka maupun sahur, maka sebagian orang merasa kalap, makan banyak untuk mengenyangkan perut.

Tahukah Anda, makan banyak dalam satu waktu sangat tidak dianjurkan, bahkan dilarang dengan keras. Makan banyak dalam satu waktu, akan memberikan banyak efek negatif untuk tubuh, mulai dari sistem pencernaan yang terbebani, perut kembung, bahkan meningkatkan risiko penyakit diabetes! Sangat mengerikan bukan?

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Jika makan berlebihan ini, Anda lakukan saat sahur, maka kemungkinan besar Anda justru akan mengalami lemas selama menjalankan puasa seharian. Hal tersebut akibat rasa lapar yang biasanya justru datang lebih cepat.

Tips Menghindari Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur
Konsumsi makanan saat berbuka puasa.

Tips Menghindari Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur

Dibawah ini adalah beberapa tips penting menghindari makan berlebihan saat buka dan sahur, agar Anda bisa mengontrol makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

1.   Konsumsi Makanan Manis

Kurma Basa Miliki Kandungan Gula Lebih Banyak
Kurma bisa menjadi menu berbuka puasa.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari makan berlebih adalah mengonsumsi makanan manis, terutama saat berbuka puasa. Namun, perlu diingat bahwa makanan manis tidak terbuat dari pemanis buatan, melainkan makanan yang memang memiliki kandungan manis alami, seperti buah-buahan. Yang paling dianjurkan adalah buah kurma, karena selain memiliki kandungan gula, kurma juga kaya serat dan karbohidrat.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Dengan makan kurma sekitar 3 butir saat berbuka puasa, maka kemungkinan energi anda akan kembali dengan cepat, dan perut akan merasa kenyang. Sehingga Anda bisa menghindari makan berlebihan.

2.   Memperhatikan Makanan yang Akan Dikonsumsi

Memperhatikan Makanan yang Akan Dikonsumsi
Jangan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur.

Menu makanan yang akan dikonsumsi ketika berbuka dan sahur juga wajib diperhatikan. Pasalnya, jenis makanan juga akan menjadi sesuatu yang mampu mencegah makan berlebihan saat buka dan sahur. Jenis makanan yang paling kami sarankan adalah, yang mengandung karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada nasi merah, oatmeal, ataupun roti gandum.

Baca juga: 5 Minuman Segar Yang Paling Banyak Diburu Saat Buka Puasa

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, maka Anda akan cepat merasa kenyang. Sehingga tidak akan makan secara berlebihan saat buka maupun sahur. Selain itu, kami sarankan pula untuk mengonsumsi berbagai macam buah yang tinggi serat, sehingga rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

3.   Makanan dengan Perlahan

Makanan Dengan Perlahan
Jangan terburu-buru saat berbuka puasa atau sahur.

Agar tubuh bisa merasakan rasa kenyang lebih lama, maka kami anjurkan untuk makan secara perlahan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan tanpa buru-buru, akan membuat tubuh kita mengerti, bahwa kita telah cukup makan, karena telah terstimulasi rasa kenyang. Sebaliknya, makan secara berlebihan, biasanya akan membuat tubuh tidak sadar bahwa ia telah makan dengan cukup, sehingga yang terjadi adalah, makan dengan berlebihan.

4.   Menghindari Makanan Pedas dan Asin

Hidnari makanan pedas dan asin
Hindari makanan pedas saat buka puasa dan sahur.

Makanan pedas dan asin, akan membuat seseorang merasa cepat haus, akibatnya, mereka akan banyak minum air putih ketika makan. Hal ini bukan hal baik, karena secara tidak sadar kita justru akan makan berlebihan saat buka dan sahur.

Baca juga: 5 Resep Olahan Selai Kacang Untuk Menu Buka Puasa

Mengonsumsi air yang cukup memang sangat dianjurkan, namun jika air dikonsumsi secara berlebihan, itu juga bukan hal baik, karena akan membuat perut merasa kembung dan tidak nyaman.

Nah, itulah beberapa tips ampuh hindari makan berlebihan saat bukan dan sahur. Meskipun Anda tidak menyadari efek dari makan berlebihan secara langsung, namun hal ini sungguh bisa memberikan efek jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karenanya, sangat kami anjurkan untuk lebih baik menghindari kegiatan makan berlebihan.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular