You are here
Home > Kuliner >

5 Cara Makan Bubur, Yang Biasa Sampai Menjadi Fenomenal

5 Cara Makan Bubur, Yang Biasa Sampai Menjadi Fenomenal
Bagikan

Mediago.id – Ketika makan bubur, Anda lebih suka “diaduk atau tidak diaduk”! Kata-kata itu tentunya sering Anda dengar ketika menonton video review bubur dari para Youtuber kuliner. Tidak tahu, cara makan bubur tersebut tercetus dari mana. Namun kini menjadi perbincangan yang tidak ada habisnya. Bahkan cara makan bubur pun kini bertambah loh!

Makan Bubur Sebagai Pengganti Nasi

Selain menu untuk sarapan, makanan khas Indonesia ini juga alternatif pengganti makan malam hari. Jenis bubur ternyata bervariasi dan memiliki khas masing di setiap daerah di Indonesia. Tapi pada umumnya, makanan bubur ini biasa disajikan dengan kecap manis, kacang kedelai, bawang merah goreng, ayam suwir. Menikmati bubur akan semakin nikmat ketika ditambahkan kerupuk, emping, cakwe, dan juga sate.  

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Sandwich

Tim dengan Cara Makan Bubur yang Ada di Indonesia

Tidak fokus memperbincangkan soal rasa bubur, namun cara makan bubur pun ikut menjadi topik perbicaraan di kolom komentar video youtube. Selain cara makan yang sudah ada sebelumnya seperti diaduk, tidak diaduk, bahkan baru-baru ini ada tim dengan cara makan bubur baru ini menjadi heboh yakni tim pemilih toping, disedot, hingga dipisah. Penasaran? Seperti dikutip dari DetikCom, ternyata ada penjelasannya seperti berikut!

1. Tim Bubur Diaduk

Tentu sudah menjadi hal yang umum dan lumrah jika ketika menikmati semangkuk bubur dengan cara diaduk. Meskipun sudah dalam satu tim, tenyata ada perdebatan diantara mereka yang tidak suka mengaduk bubur sampai tercampur rata. Alasannya, topping yang ada tidak dapat dirasakan dari sisi rasa hingga teksturnya.

Tim Bubur Diaduk
Tim Bubur Diaduk. (Gambar. Doc: FimelaCom)

Mereka mengklaim bahwa cara makan bubur dengan diaduk akan bisa menikmati semua rasa bumbu dan topping secara bersamaan hanya dalam satu suapan. Selain itu, dengan diaduk akan membuat proses makan bubur akan lebih cepat.

Baca Juga: Gin Curry, Takoyaki Rasa Kari Jepang Otentik

2. Tim Bubur Tidak Diaduk

Untuk tim dengan cara makan bubur tidak diaduk, mereka akan bisa lebih menikmati tekstur bubur dan topping tambahannya dalam semangkuk bubur.  Selain itu tim bubur tidak diaduk ini lebih menyukai tampilan bubur secara utuh.

Tim Bubur Tidak Diaduk
Tim Bubur Tidak Diaduk. (Gambar. Doc : Grid ID)

Tidak seperti bubur diaduk yang semua bubur dan toppingnya dicampur menjadi satu, sehingga untuk sebagian orang cara makan bubur ini dianggap menjijikan. Menurut Anda bagaimana?

Baca Juga:  Mudah Membuat Bir Pletok, Minuman Khas Betawi

3. Tim Pemilih Topping

Ada juga tim yang memilih jenis topping pelengkap. Untuk tim ini, mereka tidak memperdebatkan masalah cara makannya baik diaduk ataupun tidak diaduk. Kondisi ini memang wajar terjadi, karena ada sebagaian orang yang tidak satu atau beberapa topping tambahan yang disajikan dalam satu mangkuk bubur. Mulai dari yang tidak menyukai kacang kedelai dengan berbagai alasan. Ada yang tidak suka ditambahkan seledri karena bisa merusak rasa.

Bubur Ayam dengan Pilihan Topping
Bubur Ayam dengan Pilihan Topping. (Gambar. Doc: IDN Times)

Selain itu ada juga yang tidak menyukai topping ayam, apalagi jika disajikan untuk anak kecil karena topping suwiran ayam ini kerap terasa keras bahkan suka ada potongan tulang berukuran kecil.

Baca Juga: Resep Membuat Semur Daging Kambing

4. Tim Bubur Disedot

Tim ini sempat menghebohkan netizen di media sosial. Selain dianggap aneh, cara makan ini dianggap bukan cara makan yang wajar karena bubur lebih nikmati disantap ketika dalam keadaan panas. Meskipun menurut sebagian orang, cara ini memang praktis dan simpel namun dalam penyajiannya kurang pas. Apalagi ketika ditambahkan topping yang lengkap dan banyak.

Tim Bubur Disedot
Tim Bubur Disedot. (Gambar. Doc : detikfood/Yenny Mustika Sari

Tipe bubur yang cocok dikonsumsi dengan cara ini adalah bubur encer. Karena jika bubur memiliki tekstur kental, bubur tentu tidak bisa disedot meskipun sudah menggunakan sedotan dengan diameter lubang yang besar.

5. Tim Bubur Dipisah

Cara makan bubur dipisah
Cara baru makan bubur ayam dipisah. (Twitter/ @FOODFESS2)

Tim ini juga tidak kalah heboh dengan tim bubur disedot. Cara makan bubur dipisah ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @foodfess2 yang menyebutkan “Fess sekte baru, bubur dipisah.” Namun ketika ditelusuri lebih dalam ternyata akun ini telah di suspended oleh Twitter karena dianggap melanggar aturan Twitter.

Akun Twitter FoodFess2 disuspend
Akun Twitter FoodFess2 sudah disuspend oleh Twitter

Cara makan bubur ini memisahkan antara bubur polos dengan toppingnya. Sebelum disuspended oleh Twitter, banyak komentar yang setuju dengan cara makan bubur ini.

Baca Juga:  5 Merek Mie Instan Korea yang Sudah Dapat Sertifikat Halal MUI

Jadi, cara makan bubur mana yang Anda pilih untuk menikmati semangkuk bubur? Jangan lupa isi pendapat dan pilihan di kolom komentar ya!


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top