SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsBeasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek Dibuka!

Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek Dibuka!

MEDIAGO – Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 pada Kamis (03/08). Untuk mengikuti proses seleksi beasiswa ini, tentu ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan.

Kira-kira, apa saja persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh para calon penerima beasiswa ini? Untuk mengetahui lebih jelasnya, Mediago telah merangkum beberapa informasinya yang dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek. Yuk, kita simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional, Pertamina Gas Revitalisasi Posyandu Kenanga II Tangerang

1. Rincian Biaya Penerima Manfaat Beasiswa Unggulan 2023

Ilustrasi penerima manfaat Beasiswa Unggulan 2023. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi penerima manfaat Beasiswa Unggulan 2023.

Jika tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan beberapa benefit dari beasiswa Unggulan 2023. Mulai dari biaya pendidikan, buku, hingga hidup.

Untuk besaran biaya pendidikan (uang kuliah/SPP) disesuaikan dari masing-masing mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek. Sementara itu, uang buku dan biaya hidup antar-mahasiswa mendapat besaran yang sama.

Mau tahu lebih jelas apa saja apa fasilitas yang diberikan oleh Kemendikbudristek?

a. Fasilitas Biaya Pendidikan

Bila mendapatkan beasiswa tersebut, kamu tak perlu khawatir soal biaya pendidikan selama kuliah. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan telah memutuskan untuk menanggung seluruh biaya pendidikan. Biaya pendidikan ini meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau SPP di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

b. Fasilitas Biaya Buku

Selain biaya kuliah, penerima beasiswa ini juga berhak atas bantuan pengadaan buku selama berkuliah. Namun, biaya buku di sini tidak mencakup biaya penelitian.

c. Fasilitas Biaya Hidup

Bukan hanya kedua fasilitas di atas saja, tetapi penerima beasiswa ini juga bisa mendapatkan biaya hidup. Bagi penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek jenjang S1, kamu berhak mendapatkan bantuan biaya hidup mencapai Rp1,4 juta per bulan.

Baca juga: Aturan QRIS UMKM Berbayar, Pengamat: Jangan Berlakukan untuk Pelaku Mikro!

2. Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek

Ilustrasi persyaratan Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi persyaratan Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek.

Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek ini terbuka untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 berprestasi baik dari PTN maupun PTS, termasuk juga bagi pegawai Kemendikbudristek. Berikut persyaratan umum yang perlu dipenuhi bagi para pendaftar Beasiswa Unggulan 2023, yaitu:

  1. Pertama, beasiswa ini diutamakan bagi peserta yang memiliki sertifikat prestasi dalam bidang akademik/non akademik di tingkat internasional dan/atau nasional.
  2. Lalu, peserta mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait.
  3. Kemudian, tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber APBN dan/atau APBD dengan komponen pembiayaan yang sama.
  4. Peserta telah diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri di bawah binaan Kemendikbudristek dengan akreditasi institusi dan program studi paling rendah B/Sangat Baik.
  5. Terakhir, mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Selain kelima syarat umum tersebut, ada pula persyaratan khusus yang berbeda-beda sesuai jenis Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek yang kamu pilih. Bagi yang ingin mengetahui informasi tentang Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek, kamu bisa langsung baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Ratusan Anabul Meriahkan PAWJOG Keenam di Qbig BSD

Baca juga: Tilang Manual Berlaku Lagi di Jakarta, Ini Alasannya

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Low Value Content Google Adsense

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular