SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsTHR Wajib Dibayar Paling Lambat 15 April 2023

THR Wajib Dibayar Paling Lambat 15 April 2023

MediaGoMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah kembali menegaskan bahwa Tunjungan Hari Raya atau THR tahun ini harus dibayarkan paling lambat H-7 Lebaran.

Artinya, THR tahun ini harus sudah diterima pekerjaan atau buruh paling lambat tanggal 15 April 2023. Pengusaha dan perusahaan wajib membayar penuh dan tidak boleh dicicil.

Hal itu seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) M//HK.0400/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan 2023 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Baca juga: Tak Mau Bayar THR 2023, Menaker Siapkan Sanksi Buat Perusahaan Nakal

Surat edaran ini menjadi acuan bagi Kepala Dinas Ketenagakerjaan di masing-masing provinsi untuk bisa memastikan pembayaran THR tahun ini aman.

“THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Harus dibayar penuh tidak boleh dicicil,” tegas Menaker Ida.

Besaran THR

Menaker menjelaskan, untuk besaran THR 2023 mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2016.

Permenaker itu mengatur tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

Baca juga: Terbitkan Surat Edaran THR 2023, Menaker: THR Wajib Dibayar Penuh dan Tidak Dicicil

Rinciannya, bagi pekerja atau buruh dengan masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, THR yang diberikan sebesar satu bulan upah.

Sementara pekerja atau buruh dengan masa kerja satu bulan secara terus menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, THR akan dibayar secara proporsional dengan rumus masa kerja dikali satu bulan upah dibagi 12.

Sanksi THR

Menaker Ida menegaskan bagi perusahaan yang tidak membayar penuh atau mencicil THR, akan ada sanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Sanksi yang diberikan berupa pengenaan sanksi berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara atau sebagian alat produksi, dan pembekuan kegiatan usaha.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Saat Terima THR

Menurut Ida, saat ini tak lagi ada alasan bagi perusahaan untuk tak membayar atau mencicil THR. Pasalnya, kondisi ekonomi RI sudah membaik pasca-pandemi Covid-19.

“Dengan kondisi ekonomi Indonesia yang sudah kembali membaik, tentu tidak ada lagi cerita perusahaan tidak bayar THR,” ujarnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular