You are here
Home > Travel >

Tak Hanya Sekadar Jalan-Jalan, Ini 7 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Mental

Manfaat traveling bagi kesehatan mental
Bagikan

Usai bekerja atau melakukan aktivitas yang padat umumnya banyak orang lebih memilih untuk berlibur atau traveling. Saat melakukan traveling umumnya kamu akan melakukan berbagai kegiatan yang disuka. Tak hanya itu saja, melakukan traveling bisa membawa manfaat yang menguntungkan kondisi mental karena melakukannya secara bebas.

Manfaat traveling bagi kesehatan mental

Manfaat traveling bagi kesehatan mental
Manfaat traveling bagi kesehatan mental. (Gambar: http://pexels.com)

Berikut adalah beberapa manfaat traveling bagi kesehatan mental seperti dilansir dari laman National Geographic

1. Memberikan kepuasan dan rasa bahagia

Berlibur dapat memberikan kepuasan dari segi fisik maupun psikologis. Dengan liburan, kamu mendapatkan kesimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. 

Kamu pun tidak dihadapkan pada tekanan rutinitas selama menikmati waktu liburan.  Semua hal yang dilakukan selama liburan tentu akan membuat kamu merasakan kepuasan dan rasa bahagia.

Bahkan, tak hanya saat liburan, emosi positif tersebut juga bisa bertahan hingga berminggu-minggu kemudian. Hasilnya, kesehatan mental juga akan jauh lebih baik.

2. Menjadi lebih produktif

Stres berkepanjangan yang berasal dari pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dapat menghambat kinerja otak. Akibatnya, produktivitas menurun dan kamu kesulitan untuk fokus.

Traveling dapat mengurangi stres sehingga kamu bisa tetap produktif saat bekerja. Selain itu, rasa bahagia dari traveling juga akan meningkatkan kinerja otak dan tentunya berdampak positif pada pekerjaan yang kamu jalani.

Hal ini dibuktikan dalam survei yang dimuat dalam Harvard Business Review. Studi tersebut menyebutkan karyawan yang berlibur ternyata bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih mudah. Mereka pun bekerja lebih produktif dibandingkan rekan-rekannya yang tidak berlibur.

3. Menurunkan risiko gangguan psikologis 

Selanjutnya, salah satu manfaat traveling lainnya bagi kesehatan mental adalah mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. 

Pasalnya, kegiatan ini menjauhkan kamu dari orang-orang dan aktivitas yang memicu produksi hormon kortisol penyebab stres.

Baca Juga:  Chandra Irawan Ditunjuk Nahkodai Atria Hotel & Residences Gading Serpong

Kamu bahkan tak harus berlibur panjang untuk bisa memperoleh manfaat ini. Liburan singkat selama tiga hari saja sudah dapat menurunkan hormon stres dan membuat pikiran terasa jernih kembali.

4. Meningkatkan kreativitas

Selama liburan, kamu akan menjumpai orang-orang baru, budaya yang berbeda, bahkan makanan baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. Semua pengalaman ini membuat wawasan kamu akan menjadi lebih luas dan beragam. 

Wawasan luas yang berasal dari pengalaman liburan akhirnya dapat memunculkan inspirasi baru. Inilah yang menjadi cikal bakal kreativitas pada orang-orang yang gemar pergi berlibur.

5. Membuat diri menjadi lebih bersemangat

Salah satu penelitian menemukan bahwa tiga hari setelah berlibur, para responden mengalami peningkatan kualitas tidur dan mood.

Mereka juga menjadi lebih bersemangat, jarang mengeluh, dan mengalami peningkatan kemampuan berpikir.

Efek ini berlangsung hingga 5 minggu kemudian, terutama pada responden yang banyak menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri selama liburan.

6. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Menjalani liburan bersama atau berbagi pengalaman liburan dapat memperkuat hubungan kamu dengan orang lain. Pengalaman unik atau buruk sekali pun bahkan bisa menjadi topik perbincangan yang menarik bersama orang lain.

Kegiatan ini juga membuat kamu semakin memahami orang lain dan mempererat ikatan emosional yang telah terjalin. Terlebih lagi jika kamu berlibur bersama orang terdekat seperti pasangan atau keluarga.

Liburan nyatanya lebih dari sekadar kegiatan menyenangkan di tengah sibuknya pekerjaan. Melakukan traveling minimal satu kali setiap tahun akan memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan mental dan produktivitas.

7. Lebih menghargai diri sendiri 

Terakhir, manfaat dari traveling bagi kesehatan mental adalah mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru, terutama ketika kamu mampu melakukan hal-hal yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya atau yang selama ini kamu takuti tentunya akan memberikanmu rasa bangga. 

Baca Juga:  Zona Merah! Ini Daftar Daerah Terpapar Covid di Indonesia

Pencapaian-pencapaian ini dapat memberikan kepuasan pada dirimu sendiri. Ketika kamu tengah merasakan down karena masalah yang menimpamu, kamu bisa melihat ke belakang dan mengingat seluruh pencapaian tersebut, lalu memberi dirimu kesempatan untuk lebih menghargai diri.

Itulah beberapa manfaat traveling bagi kesehatan mental. Agar manfaatnya menjadi lebih optimal, pastikan kamu mempersiapkan seluruh kebutuhan liburan dengan baik. Dengan begitu, liburan pasti tidak akan terganggu oleh berbagai hal yang tidak direncanakan.

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Cocok untuk Traveling, Anti Ribet dan Kenyang


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top