You are here
Home > Kesehatan >

5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa Yang Direkomendasikan

5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa Yang Direkomendasikan
Bagikan

MediaGo – Melakukan olahraga ringan saat puasa merupakan satu hal yang amat baik untuk tubuh. Perlu diketahui bahwa meski sedang menjalankan puasa, ternyata tubuh tetap membutuhkan olahraga, demi menjaga kesehatan, kebugaran sehingga imun tubuh tetap baik. Karena kondisi tubuh saat berpuasa terbilang minim energi, maka jenis olahraga yang disarankan tentu saja olahraga yang menghindari kecepatan. Anda disarankan untuk hanya menjalankan olahraga ringan.

Ditengah masa pandemi seperti ini, dan masih harus menjalankan ibadah puasa, maka sudah seharusnya kita melakukan persiapan sebelum puasa khususnya dengan tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan tidak drop. Karena alasan itu pula sangat tidak disarankan meninggalkan kegiatan olahraga selama bulan puasa.

Faktanya, ahli kesehatan juga menyarankan semua orang tetap berolahraga di bulan puasa, hanya saja untuk waktunya memang tidak boleh sembarangan. Dua waktu yang sangat disarankan adalah sekitar satu jam sebelum sahur, dan setelah sholat tarawih.

Inilah Rekomendasi Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa
Jenis olahraga ringan saat puasa.

Inilah Rekomendasi Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa

Selain waktu, jenis olahraga yang boleh dijalankan selama masa puasa juga sangat perlu diperhatikan, karena olahraga juga harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan ragam informasi tentang olahraga ringan saat puasa yang direkomendasikan, agar kondisi tubuh tetap bugar.

1.   Jogging atau Treadmill Ringan

Joging atau Treadmil Ringan
Jogging atau treadmill bisa dilakukan sebagai olahraga ringan saat puasa.

Jenis olahraga saat puasa yang ringan dan disarankan adalah melakukan jogging atau treadmill ringan. Saat pagi hari setelah melakukan sholat subuh, mungkin Anda bisa mencoba joging dengan intensitas yang ringan saja dan durasinya juga tidak perlu terlalu lama. Jogging di pagi hari disarankan karena saat itu tubuh masih memiliki banyak cadangan energi, sehingga kemungkinan kelelahan akan sangat minim. Untuk masalah durasi, kami sarankan cukup sekitar 20 sampai 30 menit saja.

Baca Juga:  4 Menu Takjil Puasa Kekinian yang Wajib Dicoba

2.   Bersepeda

Bersepeda
Bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga ringan saat berpuasa.

Bersepeda adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, karena itu, kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa coba Anda pertimbangkan.  Untuk waktunya, sebenarnya Anda bebas memilih mau melakukannya kapanpun, terlebih jika jenis sepeda yang Anda miliki adalah sepeda statis, namun yang kami sarankan adalah coba lakukan di pagi setelah subuh, atau malam setelah sholat tarawih.

Namun harus diingat Anda tidak perlu melakukannya secara berlebihan, cukup 45 menit saja, karena dalam durasi tersebut, kurang lebih ada 300 kalori yang telah terbakar.

Baca Juga: Cara Antisipasi Cedera Yang Paling Sering Dialami Ketika Bersepeda

3.   Renang

Renang
Renang menjadi olahraga ringan saat berpuasa.

Untuk olahraga renang, kami sangat menyarankannya dilakukan pada saat malam hari, untuk menghindari hal-hal yang memicu batalnya puasa atau hukum makruh dalam ibadah puasa. Olaraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dibilang mampu membakar kalori dengan sangat baik, karena itu jika memilih melakukan olahraga renang, maka cukup melakukannya selama 30 menit saja.

4.   Berjalan Kaki

berjalan kaki
Berjalan kaki menjadi olahraga ringan saat puasa yang rendah biaya.

Berjalan kaki sekitar 30 sampai 60 menit di pagi hari juga bisa Anda coba setiap hari selama bulan puasa, karena berjalan kaki juga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang direkomendasikan untuk orang yang sedang melakukan ibadah puasa. Meski terlihat sepele, namun berjalan kaki secara rutin mampu memberikan dampak yang amat baik untuk kesehatan jantung lho.

5.   Yoga

Yoga
wanita yang melakukan yoga di luar atau tempat terbuka

Menjaga kesehatan tubuh juga berarti menjaga pikiran untuk tetap rileks, dan salah satu jenis olahraga yang mampu melakukan hal tersebut adalah Yoga. Yoga adalah jenis olahraga ringan saat puasa yang sangat direkomendasikan karena mampu melakukan proses detoksifikasi dalam tubuh dengan cukup cepat, sehingga mampu memberikan rileksasi untuk tubuh dan pikiran.

Baca Juga:  Cegah Stunting dengan Gizi dan Pola Asuh Anak

Yoga merupakan olahraga yang kebanyakan gerakannya adalah berfokus pada pengaturan pernapasan, hal ini memungkinkan oksigen akan mampu didistribusikan ke otak dengan dengan lebih baik, sehingga kita akan merasa tenang, dan nyaman saat melakukan ibadah puasa. Karena olahraga ini sangat ringan, maka Anda bebas memilih waktunya, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, pastikan memilih tempat yang tenang dan nyaman.

Pastikan Anda tidak malas melakukan olahraga meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Mungkin beberapa jenis olahraga ringan saat puasa yang telah kami rekomendasikan diatas bisa menjadi pilihan bagi Anda.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top