SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Penyebab Utama Mudah Lupa di Usia Muda yang Tak Boleh Disepelekan

5 Penyebab Utama Mudah Lupa di Usia Muda yang Tak Boleh Disepelekan

MediaGo – Apakah kamu salah satu orang yang sering lupa padahal masih dalam usia muda? Misalnya kamu berusaha keras mengingat judul film yang pernah ditonton, lupa menaruh barang, lupa jadwal tertentu yang akhirnya membuatmu terlambat atau bahkan kehilangan kesempatan? Jika iya, yuk ketahui penyebab mudah lupa di usia muda. 

Penyebab Sering Lupa pada Usia Muda

Mudah lupa di usia muda
Penyebab utama mudah lupa di usia muda. (Gambar: http://pixabay.com)

Mudah lupa memang sering dikaitkan dengan penyakit orang tua, namun faktanya ada banyak pula gangguan dalam mengingat yang juga dialami seseorang pada usia muda.

Dilansir dari Bustle, menurut Dr. Douglas Scharre, MD, direktur Divisi Neurologi Kognitif di The Ohio State University Wexner Medical Center, segala sesuatu mulai dari kecemasan atau stres hingga kurang tidur dapat merusak kemampuan seseorang untuk fokus. 

Tentu hal inilah yang kerap membuat seseorang menjadi pelupa. Agar lebih jelas, berikut ini 5 alasan mengapa kamu mudah lupa bahkan di usia yang tergolong muda. Apa saja ya?

1. Stres dan Kecemasan

Selama ini, stres memiliki reputasi sebagai perusak memori. Menurut Dr. Scharre, stres sering kali lebih memengaruhi fokus dan perhatian daripada memori, sehingga dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingat informasi baru.

Ketika kamu mengalami stres, pikiran sering terganggu dengan kekhawatiran, kecemasan dan pikiran lain. Hal tersebut yang membuat seseorang tidak fokus pada sesuatu yang kemudian dilupakan. Meskipun kasus tersebut merupakan masalah fokus, namun memang lebih terasa seperti masalah memori.

Sebenarnya stres sendiri secara tidak langsung menyebabkan ingatan menurun. Ketika kamu kewalahan dengan stres, informasi yang seharusnya dapat diterima dengan baik malah tidak tersimpan ke dalam memori.

2. Tubuh terlalu Dituntut Multitasking

mudah lupa di usia muda
Bahaya multitasking. (Gambar: http://pixabay.com)

Diketahui bahwa hanya 2,5% orang yang dapat melakukan banyak tugas secara efektif. Terlalu memaksakan diri dengan banyak tugas dapat menyebabkan stres yang justru dapat membuatmu sulit fokus. Ingatanmu pun menjadi terganggu sehingga tidak dapat menyimpan informasi dengan benar.

Dibanding harus melakukan sesuatu secara bersamaan, sebaiknya luangkan waktu untuk mengerjakan semuanya namun satu demi persatu hingga selesai. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus, pekerjaan pun terselesaikan dengan baik dan membuat kamu tidak menjadi seseorang yang mudah lupa. 

3. Kurang Tidur

Masih muda tapi pelupa? Penyebab utama lainnya juga bisa disebabkan karena kamu kurang mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik, lho. Sebenarnya masih saling berkaitan antara stres, selalu dituntut multitasking dengan kebiasaan kurang tidur. 

Kurang tidur

Terkadang kamu memang memiliki segudang aktivitas yang cukup menyita waktu. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan perubahan suasana hati, sulit fokus, mudah stres bahkan bisa pula mengganggu kesehatan fisik. Tak heran jika kurang tidur juga memiliki andil dalam masalah ingatan.

4. Pengaruh dari Konsumsi Obat-obatan Tertentu  

Jika kamu sedang menjalani pengobatan dengan mengonsumsi berbagai macam jenis obat-obatan tertentu biasanya ada beberapa yang menimbulkan efek samping seperti kecemasan hingga Parkinson, ada kemungkinan hal ini berdampak negatif pada kemampuan memori.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Tapi jangan khawatir, apabila mulai merasa pengobatan yang sedang kamu jalani telah memengaruhi masalah ingatan hingga gangguan kesehatan lainnya sebaiknya segera beri tahu dokter agar mendapatkan perawatan alternatif lainnya.

5. Gejala Tiroid

Terkenal karena kemampuannya yang hampir ajaib untuk memperlambat metabolisme, mengacaukan menstruasi, mengubah suhu tubuh, dan umumnya menyebabkan perasaan lesu, tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme, juga dapat menghasilkan gejala yang mirip dengan depresi, termasuk masalah memori dan ketidakmampuan untuk fokus. 

Gejala Tiroid

Itulah beberapa alasan kenapa kamu mudah lupa, padahal masih di usia yang cukup terbilang muda yaitu 20 hingga 30an. Jadi, jangan khawatir ya, kamu hanya perlu menata pola hidup menjadi lebih baik agar tidak mudah stres dan kekurangan waktu tidur.

Namun ketika kamu sering melupakan nama-nama orang terdekat, sering mengulang pertanyaan yang sama bahkan berkali-kali dan kamu pun lupa jika sudah pernah menanyakan serta kesulitan-kesulitan mengingat seperti lansia, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan. 

Tujuannya pemeriksaan itu perlu dilakukan agar mengetahui secara pasti penyebab masih muda tapi pelupa atau pikun tersebut. Dan bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat apabila ada gangguan kesehatan lainnya. 

Baca juga: 5 Aplikasi Asah Otak yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular