SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, April 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan4 Tanda Post Holiday Blues dan Cara Mengatasinya!

4 Tanda Post Holiday Blues dan Cara Mengatasinya!

MEDIAGO – Apakah kamu pernah merasa cemas, sedih, atau bahkan lelah setelah menjalani liburan panjang? Atau lebih parahnya kamu malah merasa kurang bersemangat saat harus kembali ke rutinitas? Jika merasakan kondisi seperti itu, artinya kamu sedang mengalami post holiday blues.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang post holiday blues ini, yuk lihat informasinya berikut ini!

Baca juga: 2 Posisi Tidur Bikin Cepat Tua, Jangan Sampai Salah ya!

Definisi Post Holiday Blues

Ilustrasi seseorang yang mengalami post holiday blues. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi seseorang yang sedang lelah dan tidak bersemangat untuk kembali bekerja.

Seperti yang dilansir dari laman Health, post holiday blues merujuk pada perasaan negatif yang tidak menyenangkan usai liburan. Meski begitu, kondisi seperti ini memang biasa terjadi pada orang-orang yang baru saja selesai berlibur dan sifatnya hanya sementara.

Perasaan negatif yang muncul ini dapat berupa rasa sepi, sedih, kecewa, dan lelah. Bahkan, perasaan ini juga bisa muncul dengan rasa tidak bersemangat karena harus kembali pada rutinitas sehari-hari.

Kondisi ini dipicu oleh kegiatan yang dilakukan selama liburan. Di mana melibatkan emosi menyenangkan, sehingga memicu hormon serotonin atau dopamin. Ketika liburannya telah berakhir, hormon tersebut berkurang karena aktivitas yang dilakukan berbeda. Maka dari itu, perbedaan tersebut akan memicu emosi negatif.

Baca juga: 5 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Tanda-Tanda Mengalami Post Holiday Blues

Jika mengalami post holiday blues, kamu akan merasakan beberapa gejala di antaranya:

  • Kamu akan merasa lebih mudah emosi atau marah.
  • Kemudian, kamu akan mengalami kesulitan tidur.
  • Selain itu, kamu juga akan merasa tidak nyaman atau cemas.
  • Kamu juga akan merasakan kerinduan terhadap liburan yang baru saja dilakukan.

Gejala-gejala tersebut akan berangsur membaik dalam beberapa hari. Akan tetapi, gejala tersebut juga dapat berpotensi semakin memburuk atau berlangsung dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat mengganggu performa dalam bekerja atau belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: Apa itu Bali Belly yang Dialami Verrell Bramasta?

Tips Mengatasi Post Holiday Blues

Ilustrasi berolahraga untuk mengatasi post holiday blues. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi jogging untuk membangun pola hidup yang sehat.

Bagi kamu yang sedang merasakan kondisi tersebut, Mediago akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi post holiday blues.

  • Pertama, kamu bisa membuat to do list atau daftar rencana untuk kegiatan yang ingin atau harus dikerjakan.
  • Kemudian, kamu harus pastikan juga memiliki waktu tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan berolahraga. Dengan pola hidup yang sehat, dapat memengaruhi hormon tubuh yang berkaitan pada post holiday blues.
  • Selain itu, kamu juga dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemui selama liburan. Dengan cara ini, kamu dapat meningkatkan perasaan nyaman seperti saat berlibur.
  • Terakhir, kamu dapat mengatur jadwal atau membuat perencanaan untuk liburan selanjutnya. Salah satu caranya dengan mencoba sesuatu hal baru yang menyenangkan untuk dilakukan.
post holiday blues ingin jalan-jalan

Baca juga: 3 Cara Membaca Hasil USG Bayi yang Benar, Wajib Tahu!

Itulah beberapa informasi tentang post holiday blues. Jadi, siapa di sini yang sedang atau pernah merasakan kondisi seperti ini? Yuk, berikan jawabannya di bawah ini yaa!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Gangguan Pada Kaki

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular