Friday, January 27, 2023
HomeKuliner5 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Cicipi

5 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Cicipi

MediaGo – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya, suku, dan ras serta kaya akan berbagai macam rempah-rempah. Keberagaman dan kekayaan tersebut pada akhirnya menciptakan banyak makanan khas Indonesia yang mungkin belum pernah kamu cicipi sebelumnya.

Sebut saja makanan khas Indonesia seperti rendang, nasi goreng, atau sate yang merupakan beberapa makanan khas Indonesia yang saat ini sudah diakui dunia dan tidak asing lagi di mulut kita semua.

Baca juga: Kue Ombus Ombus, Jajanan Khas Asli Tapanuli Utara

Menurut penelitian dari pakar kuliner senior Prof. Dr Ir Murdijati Gardjito, pada tahun 2019 terdapat 3.259 makanan khas Indonesia. Daftar itu tentunya akan terus bertambah, mengingat daftar tersebut hanya berisi makanan khas dari setiap provinsi yang memiliki nama, belum termasuk makanan khas di daerah terpencil serta kuliner yang baru tercipta.

Mungkin banyak makanan khas Indonesia yang sudah kamu cicipi. Berikut ini makanan khas Indonesia dari lima daerah yang perlu kamu cicipi, terlebih saat kamu wisata di daerah ini. Apa saja makanan khas tersebut?

1. Pindang Gombyang Ikan Manyung

Pindang Gombyang Ikan Manyung Sumber Infopublik.id
Hidangan Pindang Gombyang Ikan Manyung (Sumber: Infopublik.id).

Saat kamu wisata di daerah Indramayu, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Indonesia yang satu ini. Namanya Pindang Gombyang Ikan Manyung. Ini adalah menu dengan bahan utama kepala ikan manyung yang kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning.

Baca juga: Rasa Khas Mie Atep, Kuliner Legendaris Asal Bumi Laskar Pelangi

Rasa asam manis dan gurih dari kuah Pindang Gombyang, serta kelembutan tekstur daging kepala ikan manyung. Masakan khas satu ini lebih cocok disantap saat masih hangat agar cita rasa dalam pindang gombyang terasa lebih enak, apalagi sembari menikmati pemandangan di pesisir pantai.

2. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu Sumber bisnisukm.com
Hidangan Cakalang Fufu (Sumber bisnisukm.com).

Ini adalah makanan khas Indonesia asal Tomohon, Sulawesi Utara. memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan utama yang dimasak di atas asap sehingga berubah warna menjadi sedikit kehitaman. Jangan takut dengan bentuknya, saat dicampur dengan bumbu serta sambal dabu-dabu yang segar, hidangan cakalang fufu memberikan rasa sedap yang khas saat disantap.

Baca juga: Mencicipi Kuliner Bali Tertua di Bali Timbungan

Dengan Cakalang Fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan ini dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama yang membuatnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti cakalang fufu sambal roa suwir maupun mie kuah.

3. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin Sumber belanga.id
Hidangan Tempoyak Ikan Patin (Sumber: belanga.id).

Tentu kamu familiar dengan namanya tempoyak. Makanan khas Indonesia asal kota Jambi ini terkenal daerah penghasil buah durian, salah satu hidangan khas mereka mengandung buah tersebut. Salah satu menu khas daerah ini adalah Tempoyak Ikan Patin.

Baca juga: Rekomendasi 4 Tempat Kuliner Legendaris Nan Kaya Sejarah di Indonesia

Ikan patin diolah dengan tempoyak dengan cara difermentasi selama tiga hari, lalu dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam menyatu dan tentunya menggugah selera. 

4. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari Sumber intiwhiz.com
Hidangan Kepiting Kenari (Sumber: intiwhiz.com).

Balikpapan memiliki wisata kuliner melimpah yang wajib kamu coba, dan terkenal dengan olahan seafood-nya. Berkunjung ke Balikpapan belum lengkap jika belum mencicipi olahan kepiting, salah satunya adalah kepiting kenari.

Baca juga: 7 Wisata Kuliner Malam di Semarang yang Wajib Kamu Coba

Kepiting kenari ini adalah jenis kepiting laut yang mengkonsumsi buah kelapa segar yang konon membuat daging kepiting kenari lebih manis dan enak. Olahan kepiting kenari ini sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya. 

5. Itik Gambut

Itik Gambut Sumber Kulinear.hops .id
Hidangan Itik Gambut (Sumber: kulinear.hops.id).

Selain Kepiting Kenari, di Banjarmasin ada hidangan khas Indonesia yang tidak kalah enaknya, yaitu Itik Gambut. Hidangan ini cocok untuk kamu yang gemar makan makanan dengan cita rasa gurih. Olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar memiliki cita rasa pedas nan manis yang menyerap hingga ke dalam daging itik.

Itulah lima rekomendasi hidangan khas dari lima kota berbeda yang dapat kamu cicipi dan kunjungi bersama keluarga dan sahabat. Nah, dari lima menu khas Indonesia tersebut, mana yang sudah kamu cicipi?

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular