You are here
Home > Pendidikan >

3 Cara Ajarkan Anak Tata Cara Salat Tarawih

Bagikan

MediaGo – Tata cara salat tarawih perlu diajarkan pada anak sejak sedini mungkin, hal ini agar anak-anak bisa memahami bagaimana cara menjalankan salah satu ibadah sunah yang biasa dilaksanakan setiap bulan Ramadan ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak kerap merasa sangat antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Salah satu yang paling membuat mereka gembira adalah, dapat melakukan salat tarawih berjamah. Nah, agar nantinya anak-anak tidak melakukan ibadah salat tarawih dengan sembarangan, maka memberikan edukasi tentang cara pelaksanaan salat tarawih adalah hal yang penting.

Mengenalkan Keutamaan Sholat Tarawih

Begini Trik Tata Cara Salat Tarawih Pada Anak

Akan tetapi dalam mengajarkan sholat tarawih, Anda juga tidak boleh melakukannya dengan cara memaksa. Lalu, bagaimanakah cara terbaik untuk mengajarkan tata cara salat tarawih? Nah, berikut ini adalah informasi penting yang perlu untuk Anda ketahui :

tips ajarkan tata cara sholat taraweh pada anak
Baca juga: 5 Tips Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

1.   Mengenalkan Keutamaan Salat Tarawih

Mengajarkan anak-anak untuk mulai mencintai agamanya memang sudah seharusnya dilakukan sejak sedini mungkin. Atau setidaknya, Anda bisa memulainya ketika anak-anak mulai berusia 7 tahun. Di usia tersebut, mereka sudah mulai mengerti hal-hal baik dan tidak. Di usia ini pula, silahkan kenalkan apa saja keutamaan dari menjalankan ibadah salat tarawih. Berikut ini adalah beberapa keutamaan menjalankan salat tarawih :

  • Siapapun yang menjalankan ibadah salat tarawih maka mereka akan mendapatkan ganjaran pahala.
  • Setiap gerakan yang dilakukan pada saat salat tarawih akan memberikan dampak kesehatan untuk tubuh. Hal ini juga merupakan hal baik, karena membuat anak kuat menjalani puasa di esok hari.
  • Sholat merupakan perintah ibadah dari Allah, itu berarti, siapapun yang menjalankan ibadah salat, mak ia telah melakukan ketaatan. Hal tersebut akan membuat anak-anak terlatih untuk bersikap bertanggung jawab.
Baca Juga:  Cara Belajar Efektif di Rumah Saat New Normal
Mengajarkan Doa Sholat

2.   Mengajarkan Doa Salat

Hal berikutnya, Anda bisa langsung mengajarkan tata cara salat tarawih pada anak. Mulai dari  menjelaskan berapa banyak jumlah rakaat yang harus dilakukan ketika salat tarawih, serta hukum melakukan salat tarawih. Beri tahu pengetahuan umum tentang hal-hal yang berkaitan.

Lalu, langsung beritahu secara runut , urutan sholat tarawih :

  • Membaca niat salat
  • Melakukan takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitaf dalam hati
  • Melafalkan surat Al Fatihah
  • Melafalkan ayat pendek
  • Rukuk (membaca bacaan rukuk)
  • Iftidal
  • Sujud pertama diantara 2 sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangkit dari sujud, lakukan rakaat kedua.
  • Salam pada rakaat kedua.
Fokus pada sholat
Baca juga: 4 Tips Penting Terhindar Dari Lemas Saat Puasa

3.   Fokus Pada Salat

Penting untuk diingat bahwa ketika memberikan pengajaran tata cara salat pada anak, maka Anda harus fokus dan memastikan untuk menyingkirkan hal-hal yang mungkin membuat fokus anak terganggu. Misalnya, baiknya matikan tv, singkirkan hp, atau hal-hal lainnya. Jika anak merasa malah untuk mengerjakan salat tarawih, maka baiknya beri pengertian pelan-pelan, dan ajak mereka untuk ikut serta dalam kegiatan salat berjamaah.

Memberikan ajaran untuk anak-anak memang membutuhkan kesabaran, terlebih jika melihat mood anak-anak yang gampang sekali berubah-ubah. Jika mereka terlihat tidak begitu senang, tidak apa-apa. Jangan memaksakan memberikan ajaran saat mereka sedang badmood, karena hasilnya juga akan percuma.

Baiknya, terlebih dulu coba hibur hati anak, buat dia merasa senang, dan belajar dengan fun. Sehingga mereka akan dengan senang hati menerima semua pembelajaran yang diajarkan pada mereka. Cara lain untuk mengajarkan tata cara salat tarawih pada anak adalah dengan menggunakan alat perang, ataupun menunjukkan gambar, entah gambar lewat buku, maupun gambar dalam bentuk video.

Baca Juga:  Cara TikTok Dukung Pendidikan Indonesia

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top