Saturday, January 28, 2023
HomeKesehatanWaspada! Ini 5 Penyakit yang Muncul di Musim Hujan

Waspada! Ini 5 Penyakit yang Muncul di Musim Hujan

Waspada penyakit yang sering muncul di kala hujan!

Musim hujan telah tiba dengan curah hujan tinggi hingga berhari-hari. Udara di Indonesia yang tadinya hangat berubah menjadi dingin dan malah membuat banyak penyakit yang muncul di musim hujan. 

Baca Juga : Hati-Hati! Potensi Hujan Deras dan Badai Dahsyat di Jabodetabek Menjelang Akhir Tahun

Kenapa banyak orang sakit di musim hujan? Banyak sekali penyakit yang muncul di musim hujan karena kontaminasi virus sangat cepat, sehingga banyak yang akan tertular. Karena itu Anda harus tahu apa yang harus diwaspadai ketika musim hujan? Agar penyakit yang muncul di musim hujan tidak terjadi pada Anda. 

Berikut penyakit yang muncul di musim hujan dan perlu Anda ketahui!

5 Jenis Penyakit Muncul di Musim Hujan

1. Flu

flu penyakit umum di musim hujan

Kalau Anda bertanya apa itu penyakit pancaroba? Pasti jawaban penyakit pancaroba itu adalah flu. Soalnya memang flu merupakan kondisi penyakit yang muncul di musim hujan. Tidak heran kalau banyak sekali memang orang yang terkena flu di musim hujan.

Melansir dari Healthline, flu disebabkan virus yang menyerang sistem pernapasan dan sering memicu komplikasi lainnya seperti pneumonia yang berbahaya. 

Hampir semua kalangan bisa terkena flu, karena itu jaga kesehatan Anda dan rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Tidak ada salahnya kalau mencoba minuman sehat kekinian yang rasanya hangat untuk menambah tubuh tetap bugar dan sehat.

2. Diare

Selain flu, diare adalah penyakit yang muncul di musim hujan. Diare bisa terjadi mungkin karena mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Gejala yang mudah dilihat saat diare adalah seringnya mengeluarkan feses BAB dalam tekstur encer dan cair. Bahkan bisa saja terjadi demam, kram perut atau bahkan ada darah dalam tinja

Baca Juga : 7 Penyebab BAB Berwarna Hijau, Normalkah?

Agar tidak terkena diare, Anda bisa mencuci tangan sebelum mengonsumsi makanan matang dan tidak menggunakan perlengkapan makan orang lain. 

3. Demam Berdarah

Penyakit yang muncul di musim hujan ini disebabkan nyamuk Aedes, demam berdarah

Penyakit yang muncul di musim hujan ini disebabkan nyamuk Aedes yang memang sangat menyukai air dan kelembaban. Biasanya ditandai dengan demam dan nyeri otot pada hari ke-2 hingga ke-7. Kemudian demam turun yang mungkin dikira sembuh, padahal itu adalah masa yang berbahaya.

Tangan dan kaki bisa menjadi dingin, sehingga membuat syok. Karena itu ketika demam lebih dari tiga hari lebih baik langsung cek darah termasuk DB untuk memastikan penanganan yang tepat.

Untuk langkah pencegahan, Anda bisa mengusahakan beberapa tempat yang mudah tergenang air agar dapat mengalir dengan baik. Gunakan obat nyamuk dan beri kelambu pada kamar agar tidur lebih nyaman. 

4. Demam Tifoid atau Tipes 

Demam tifoid juga yang sering muncul saat udara dingin di musim penghujan. Bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi. Dan seringnya bakteri itu muncul karena sanitasi yang buruk. 

Gejala demam tifoid biasanya tubuh lelah, nyeri otot, sakit perut, diare, sakit kepala, sembelit, keluar keringat dingin, ruam, tidak nafsu makan, batuk kering hingga kehilangan berat badan. 

Anda bisa langsung cek darah dengan tes widal bila demam lebih dari tiga hari.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 3 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

5. Penyakit Tangan-Kaki-Mulut

penyakit kaki tangan mulut saat musim penghujan

Penyakit infeksi yang cepat menular karena virus ini juga sering muncul saat musim hujan. Penyebarannya karena kontak dengan orang yang tertular melalui sekresi hidung, air liur dan tinja. Sehingga gejala yang biasa terlihat seperti demam, nyeri otot, kulit memerah dan terdapat lesi yang melepuh di beberapa tempat pada tubuh(Lidah, gusi, mulut, pipi, telapak tangan dan kaki).

Biasanya ruam merah pada beberapa bagian tubuh menjadi lepuh dan pecah. Jika berlanjut bisa terkena komplikasi seperti meningitis, ensefalitis, kelumpuhan, miokarditis, atau bahkan kematian.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Agar tubuh tidak terkena penyakit yang muncul di musim hujan, Anda bisa melindungi diri dengan perilaku sehat. Seperti cukup tidur, konsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan jaga kesehatan lingkungan tempat tinggal.

Bawa pelindung diri saat keluar rumah seperti payung, sepatu boot, sarung tangan dan jas hujan sebagai pencegahan terkena penyakit yang muncul di musim hujan. Semoga selalu sehat ya!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular