You are here
Home > Kuliner >

5 Jenis Kurma di Indonesia dan Manfaatnya

Bagikan

MediaGo – Buah kurma adalah jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ketika bulan ramadan tiba. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang memiliki cita rasa lezat, dan menjadi salah satu makanan yang disunahkan oleh Nabi Muhammad S.A.W untuk mengawali kegiatan buka puasa. Saat ini ada banyak sekali jenis kurma di Indonesia, dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera, manfaat, maupun harganya.

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, wajar jika Indonesia menjadi negara dengan keberadaan buah kurma yang tidak sulit untuk temui. Siapapun bisa menemukan buah kurma dengan mudah, baik di mini market, maupun toko-toko pinggir jalan.

Baca juga: 5 Minuman Segar Yang Paling Banyak Diburu Saat Buka Puasa

Inilah 5 Jenis Kurma Termahal Beserta Harganya
Ada banyak jenis kurma yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Jenis Kurma di Indonesia

Berikut adalah berbagai macam jenis kurma di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menemani waktu berbuka maupun sahur.

1.   Kurma Ajwa

Kurma Ajwa
Jenis kurma Ajwa.

Kurma Ajwa juga dikenal dengan nama kurma nabi. Memiliki tekstur lembut dan sangat legit membuat kurma yang berasal dari daerah Arab Saudi barat ini banyak dicari. Ciri kahwa dari kurma Ajwa adalah, memiliki warna hitam gelap, dan rasa yang tidak begitu manis.

Manfaat dari kurma Ajwa adalah mampu memberikan anti inflasi pada tubuh, yang mana hal ini akan mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh manusia. Selain itu, kurma Ajwa juga bisa bermanfaat untuk menjadi penangkal radikal bebas bagi tubuh. Manfaat lainnya lagi adalah mampu menjaga kesehatan otak, serta sangat baik untuk para penderita diabetes tipe 2.

2.   Kurma Sukkari

Kurma Sukkari
Jenis kurma Sukkari.

Salah satu jenis kurma di Indonesia yang juga memiliki banyak penggemar adalah kurma sukkari. Kurma yang satu ini berasal dari Arab Saudi, wilayah Al Qaseem. Saking terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, Sukkari juga menjadi salah satu buah favorit kerajaan Arab lho.

Baca Juga:  5 Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Jalankan Ibadah Puasa

Baca juga: 4 Menu Takjil Puasa Kekinian Yang Wajib Dicoba

Manfaat kurma Sukkari yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang pas ini, adalah sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan gulanya juga mampu meningkatkan energi dengan cepat.

3.   Kurma Medjool

Kurma Medjool
Jenis kurma Medjool.

Medjool juga menjadi salah satu jenis kurma di Indonesia yang sangat populer. Bukan hanya didatangkan dari Arab Saudi saja, namun Medjool juga banyak didatangkan dari Maroko lho.

Kurma Medjool kaya akan kandungan gula, kalium, serat, protein, zat besi, karbohidrat, lemak, dan tentunya juga tembaga. Dengan berbagai kandungannya tersebut, Medjool sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, serta baik dikonsumsi untuk memerangi kolesterol jahat. Kandungan serat yang tinggi dalam kurma Medjool juga mampu melancarkan pencernaan.

4.   Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor
Jenis kurma Deglet Noor.

Jenis kurma di Indonesia yang memiliki cita rasa lezat, penuh manfaat, dan sangat disukai oleh masyarakat adalah Degleet Noor. Berbeda dengan jenis kurma lain yang biasanya memiliki rasa manis yang cenderung tinggi, Deglet Noor, justru memiliki cita rasa yang terbilang tidak begitu manis kental.

Baca juga: 5 Aneka Takjil Buka Puasa Yang Lezat Dan Bebas Santan

Manfaat dari kurma Deglet Noor adalah, mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh Health Benefit Times, Deglet Noor memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit sembelit, dan sangat bermanfaat untuk kebaikan usus.

Manfaat lain yang juga tidak kalah penting dari Deglet Noor adalah mampu meningkatkan kesuburan. Selain itu, secara ukuran, kurma ini juga terbilang lebih kecil, dan warna kulitnya lebih cerah. Untuk tempat budidayanya sendiri terletak di daerah Tunisia, Aljazair, bahkan juga Amerika Serikat.

Baca Juga:  Icip-icip Cookies Spesial di Lummy Bakehouse Bintaro

Nah, itulah beberapa jenis kurma di Indonesia yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top