SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup5 Kunci Jadi Figur Orang Tua Cerdas Untuk Buah Hati!

5 Kunci Jadi Figur Orang Tua Cerdas Untuk Buah Hati!

MEDIAGO – Seluruh orang tua pastinya ingin menjadi figur ibu atau ayah cerdas dalam mengasuh sang buah hati. Dengan menjadi figur orang tua cerdas, tentunya sang buah hati dapat terpenuhi kebutuhan pendidikannya.

Namun, orang tua cerdas yang dimaksud di sini belum tentu harus orang dengan tingkat pendidikan tinggi. Orang tua cerdas di sini merujuk pada mereka yang mempunyai pemikiran efektif dan efisien. Maka dari itu, orang tua ini memiliki kepandaian dalam memberikan pola asuh kepada anaknya.

Lantas, seperti apa sih cara agar seseorang dapat menjadi orang tua cerdas bagi anaknya. Mau tahu caranya? Yuk, kita simak tips berikut ini!

Baca juga: CPNS 2023 Segera Dibuka, Lihat Rincian Gaji PNS Dulu!

1. Orang Tua Cerdas yang Mindful

Sebagai orang tua cerdas, seseorang perlu memiliki kesadaran yang realistis sesuai dengan kenyataan. Mereka harus sadar dengan kekuatan maupun kelemahan yang ada di dalam diri. Maka dari itu, individu tersebut perlu mencari tahu secara kritis dan fokus pada apa yang perlu dilakukan sekarang saat mengasuh sang buah hati.

Baca juga: Xiaomi Pad 6 Rilis di Tanah Air, Cek Spesifikasinya!

2. Orang Tua Harus Fokus pada Perilaku

Selanjutnya, orang tua perlu fokus pada perilaku yang dapat dibentuk dengan lebih baik. Tak perlu menghakimi atau melabeli sang anak, hanya untuk mengikuti emosi yang sedih atau kecewa melihat perilaku mereka. Hal ini karena omelan tidak akan membuat anak mampu berperilaku lebih baik. Bahkan, mereka justru akan merasa ditolak dan tidak dihargai oleh orang tuanya.

Baca juga: Mengenal Acara Istana Berkebaya 2023

3. Orang Tua Cerdas Bereaksi dengan Tepat & Berkomunikasi Efektif

Ilustrasi oran tua bereaksi tepat saat merespon anaknya. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi oran tua bereaksi tepat saat merespon anaknya.

Orang tua cerdas sering merespon perilaku dan emosi sang anak dengan tepat. Ketika anak sedang tantrum, bukan berarti orang tua malah ikut kesal atau marah. Sementara saat anak curhat, mereka malah dinasehati atau disalahkan. Padahal, anak tersebut hanya ingin didengarkan.

Tindakan-tindakan seperti itu perlu orang tua hindari. Sebagai orang tua yang cerdas, kita perlu mendengarkan, memahami, dan membantu anak mengatasi masalahnya. Dengan begitu, anak pun akan merasa nyaman saat bercerita kepada orang tua.

Selain itu, kita juga perlu berkomunikasi sesuai porsinya. Artinya, tidak perlu terlalu panjang atau singkat. Straight to the point, nada bicara pelan tapi tegas. Jadi, apa yang disampaikan kepada anak itu jelas dan padat. Di samping itu, sebagai orang tua juga perlu peka terhadap anak sehingga pesan tersebut dapat diterima dengan baik.

Baca juga: Oppo Reno 10 5G Segera Rilis, Yuk Intip Spesifikasinya!

4. Memiliki Figur Supportif dan Open Minded

Keempat, orang tua perlu menjadi sosok pendukung pertama bagi buah hatinya. Orang tua pun harus memiliki pemikiran yang terbuka seluas-luasnya, agar anak membuat anak lebih kooperatif. Dengan begitu, kita tidak akan mengahabiskan banyak energi untuk mengasuh anak. Apalagi, semua anak memiliki impian untuk punya orang tua yang asyik, rendah hati, dan menghargai mereka.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbudristek Dibuka!

5. Mampu Mengatasi, Bukan Mengeluh

Ilustasi seorang ibu yang sedang mengasuh kedua anaknya. (Sumber: Pexels)
Ilustasi seorang ibu yang sedang mengasuh kedua anaknya.

Tindakan menjadi hal yang penting, dibandingkan hanya sekadar mengeluh karena tidak mampu menjadi orang tua. Jika memang menghadapi kesulitan, maka lebih baik mencari solusi, bantuan, atau saran kepada pihak profesional daripada hanya mengumbar kegagalan menjadi orang tua.

Baca juga: Aturan QRIS UMKM Berbayar, Pengamat: Jangan Berlakukan untuk Pelaku Mikro!


Itulah lima kunci agar kamu dapat menjadi figur orang tua cerdas bagi sang buah hati. Eits, tapi kamu juga perlu ingat bahwa cerdas itu pilihan. Jadi, kamu ingin menjadi orang tua seperti apa untuk buah hati? 

Baca juga: Brand Fashion Danjyo Hiyoji Sasar Market Anak Muda Indonesia

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular